Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan di Bidang Pelayanan Kesehatan

Main Article Content

Rio Christiawan

Abstract

Implementasi tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dalam bentuk pelayanan kesehatan sangat diperlukan, sebab perusahaan memiliki kewajiban untuk melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan. Hal ini sesuai dengan Pasal 74 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas juncto Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 53/PUU-VI/2008 yang menentukan bahwa setiap perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya alam atau terkait dengan sumber daya alam, di mana biasanya mayoritas komunitas lokal bekerja pada perusahaan tersebut. Efek berantai yang diharapkan dari implementasi tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dalam bentuk pelayanan kesehatan adalah dengan beroperasinya setiap perusahaan yang bergerak dibidang sumber daya alam atau terkait dengan sumber daya alam dapat dirasakan oleh komunitas lokal salah satunya dalam bidang pelayanan kesehatan yang optimal. Dengan tercapainya derajat kesehatan yang setinggi-tingginya oleh komunitas lokal, maka komunitas lokal beserta keluarganya dapat memberikan produktivitas yang tinggi baik sosial maupun ekonomi.


Kata Kunci: tanggung jawab, fungsi sosial, pelayanan kesehatan, produktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Buku
Ameln, Fred. Kapita Selekta Hukum Kedokteran. Jakarta: Grafikatama Jaya, 1991.
Mursitama, Tirta N, dkk. Corporate Social Responsibility (CSR) di Indonesia: Teori dan Implementasi: Studi Kasus Community Development Riaupulp. Jakarta: Institute for Development of Economics and Finance, 2011.
Nursahid, Fajar. CSR Bidang Kesehatan Dan Pendidikan: Mengembangkan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Indonesia Business Links, 2009.
Raharjo, Satjipto. Hukum dan Masyarakat. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung, 1990.
Sugiharto, Bambang. Humanisme dan Humaniora: Relevansinya Bagi Pendidikan. Yogyakarta: Jalasutra, 2010.
Sulistiyono, Adi dan Muhammad Rustamaji. Hukum Ekonomi Sebagai Panglima. Solo: Masmedia Buana Pustaka, 2010.
Tunggal, Amin Widjaja. Business Ethics and Corporate Social Responsibility: (Konsep Dan Kasus). Jakarta: Harvarindo, 2010.
Untung, Hendrik Budi. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika, 2008.
Usman, Rachmadi. Dimensi Hukum Perusahaan Perseroan Terbatas. Bandung: Alumni, 2004.

Jurnal
Mattalatta, Andi. “Menyongsong Berlakunya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007.” Jurnal Ombudsman. Vol. 7, No. 5 (2007).
Soekanto, Soerjono. “Kesehatan Sebagai Hak Asasi Manusia.” Jurnal Hukum dan Pembangunan. Vol. 10, No. 2 (1986).
Yustina, Endang Wahyati. “Akreditasi Rumah Sakit Sebagai Unsur Pengawasan pada Asas Pelayanan Kesehatan yang Optimal.” Bandung: Program DIH UNPAR, 2010.

Putusan Pengadilan
Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 53/PUU-VI/2008

Surat Resmi
Amanat Presiden RI Nomor R.03/PU/II/1994 tanggal 28 Februari 1994.

Internet
Masnila, Nelly. “Corporate Social Responsibility: Sebuah Pandangan Dari Sudut Akuntansi.” https://isa7695.wordpress.com/2010/07/19 Corporate-Social-Responsibility:SebuahPandangan-Dari-Sudut-Akuntansi. Diakses 11 Maret 2011.